Minggu, 22 April 2018

INFRASTRUKTUR TEKNOLOGI INFORMASI DAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI

INFRASTRUKTUR TEKNOLOGI INFORMASI DAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI
A.  Pengertian Infrastruktur Teknologi Informasi
            Infrastruktur Teknologi Informasi didefinisikan sebagai sumber daya teknologi bersama yang menyediakan platform untuk aplikasi system informasi perusahaan yang terperinci. Infrastruktur Teknologi Informasi meliputi investasi dalam peranti keras, peranti lunak, dan layanan seperti konsultasi, pendidikan, dan pelatihan yang terbesar di seluruh perusahaan atau tersebar diseluruh unit bisnis dalam perusahaan.
            Infrastruktur Teknologi Informasi terdiri atas sekumpulan perangkat dan aplikasi peranti lunak yang dibutuhkan untuk menjalankan suatu perusahaan besar secara keseluruhan. Namun infrastruktur Teknologi Informasi  juga merupakan sekumpulan layanan firewide (mencakup seluruh perusahaan) yang dianggarkan oleh pihak manajemen dan terdiri atas kapabilitas manusia dan kapabilitas teknis. Layanan yang dapat disediakan oleh perusahaan untuk para pelanggan, pemasok dan para pekerjanya adalah kegunaan langsung dari infrastruktur Teknologi Informasi perusahaan tersebut. Idealnya, infrastruktur ini mendukung bisnis perusahaan dan strategi sistim informasinya. Teknologi informasi yang baru mempunyai dampak besar terhadap bisnis perusahaan dan strategi system informasinya. Teknologi informasi yang baru mempunyai dampak besar terhadap bisnis dan strategi Teknologi Informasi, sama seperti layanan yang dapat disediakan bagi para pelanggan.
            Infrastruktur teknologi informasi sebagai sumber daya teknologi bersama yang menyediakan platform untuk aplikasi sistem informasi perusahaan yang terperinci. Infrastruktur Teknologi Informasi meliputi investasi dalam peranti keras, peranti lunak dan layanan konsultasi, pendidikan, dan pelatihan yang tersebar di seluruh perusahaan atau tersebar di seluruh unit bisnis dalam perusahaan. Infrastruktur Teknologi Informasi terdiri atas sekumpulan perangkat dan aplikasi peranti lunak yang dibutuhkan untuk menjalankan suatu perusahaan besar secara keseluruhan.

Infrastruktur TI di dalam organisasi saat ini merupakan hasil dari evolusi selama lebih dari 50 tahun di dalam platform komputasi. Lima tahap dalam evolusi ini adalah :
1.      Era Mesin Akuntansi Elektronik
            Evolusi mesin akuntansi elektronik (pada tahun 1930-1950) adalah mesin akuntansi elektronik terspelisiasasi yang merupakan komputer primitif yang digunakan untuk perusahaan akuntansi.

2.      Era Maninframe Umum dan Komputer Mini
            Infrastruktur TI dalam era mainframe (tahun 1959 hingga sekarang) terdiri atas sebuah mainframe yang melakukan pemrosesan terpusat yang dapat dihubungkan keribuan terminal dan pada akhirnya beberapa komputasi terdesentralisasi dan per departemen menggunakan komputer mini dalam jaringan.

3.      Era PC
            Era PC (tahun 1981 hingga sekarang) dalam infrastruktur TI didominasi oleh penggunaan komputer deskop dengan perangkat produktivitas kantor.
4.      Era Klien/Server
            Infrastruktur yang lebih mendominasi pada era klien /server (tahun 1983 hingga sekarang) terdiri atas jaringan klien deskop atau leptop hinggan komputer server yang lebih kuat menangani kebanyakan pengelolaan dan pemrosesan data.
5.      Era Komputasi Internet Perusahaan
            Perubahan infrastruktur TI yang diatas telah menghasilkan perkembangan dalam pemrosesan komputer, chip memori, perangkat penyimpanan, telekomunikasi, dan jaringan peranti keras dan peranti lunak, dan rancangan peranti lunak yang telah meningkatkan daya komputasi secara eksponensial sementara mengurangi biaya juga secara eksponensial.
            Perubahan infrastruktur TI yang diatas telah menghasilkan perkembangan dalam pemrosesan komputer, chip memori, perangkat penyimpanan, telekomunikasi, dan jaringan peranti keras dan peranti lunak, dan rancangan peranti lunak yang telah meningkatkan daya komputasi secara eksponensial sementara mengurangi biaya juga secara eksponensial.

B.  Teknologi Penggerak dalam Evolusi Infrastruktur
1.    Hukum Moore dan Kekuatan Microprocessor
            Menjelaskan peningkatan eksponensial dalam daya pemrosesan dan penurunan eksponensial dalam biaya teknologi komputer, melipat gandakan daya prosesor setiap 18 bulan sekali dan menurunkan harga komputasi setengahnya.
2.    Hukum penyimpanan Digital Besar
            Menjelaskan penurunan eksponensial dalam biaya penyimpanan data yang bunyinya ”Jumlah kilobyte data yang dapat disimpandalam media magnetik dengan biaya $1 menjadi dua kali lipat setiap 15 bulan.

3.    Hukum Metcalfe dan Ekonomi Jaringan
            Menjelaskan semakin banyaknya penggunaan komputer dengan menunjukkan bahwa nilai sebuah jaringan bagi anggota jaringan tersebut meningkat secara eksponensial seiring anggota jaringan tersebut semakin banyak lagi.
4.    Mengurangi Biaya Komunikasi dan Internet
            Turunnya biaya komunikasi dengan cepat dan semakin banyaknya kesempatan dalam industri teknologi untuk menggunakan standar-standar komputasi dan komunikasi.
5.    Dampak Jaringan dan Standar
            Standar teknologi adalah spesifikasi yang menentukan kompatibilitas berbagai produk dan kemampuan berkomunikasi dalam sebuah jaringan. Standar teknologi meluncurkan skala ekonomi yang dahsyat dan menghasilkan penurunan harga karena para produsen berkonsentrasi pada produk yang dibuat berdasarkan standar tunggal. Tanpa skala ekonomi tersebut, komputasi bagain apa pun akan menjadi jauh lebih mahal daripada yang ada saat ini.

C.    PENGARUH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI
                Perkembangan teknologi yang semakin pesat mempengaruhi gaya hidup yang semakin mencolok. dikarenakan perkembangan teknologi mempengaruhi model berkomunikasi massa untuk melakukan kegiatan hidup harian. mungkin dulu internet dianggap sebagai sesuatu yang "wah" dan rumit bagi orang awam, namun sekarang bisa kita lihat sendiri faktanya seperti apa,internet telah menjadi sesuatu yang umum bagi banyak orang atau mungkin kita termasuk salah satu diantaranya yang mempunyai hampir semua akun di jejaring sosial, berinteraksi secara intensif dengan individu lain secara maya. dan sayangnya beberapa individu sekarang ini terlalu over dalam memandang atau mengunakan gadget  miliknya kebanyakan dia tidak berfikir apa yang di lakukanya berdampak seperti apa. Dimanapun dan kemana pun individu tersebut berada, dia tidak akan lepas dengan handphonenya karena di era sekarang handphone sudah menjadi kebutuhan. Ditambah lagi sekarang ini sudah memasuki era smartphone, sehingga banyak yang bisa dilakukan dalam satu genggaman saja.                                                                   

D.   PENGARUH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TERHADAP EKONOMI
                di masa sekarang,kita semua pasti tahu bahwa kemajuan teknologi sangat pesat kemajuan ini tentunya membawa banyak perubahan terhadap kebudayaan di Indonesia.Tidak bisa di pungkiri bahwa kemajuan teknologi informasi ini memang harus terjadi di Negara Indonesia ini, agar Negara Indonesia tidak kalah saing dengan Negara lain.
                Pesatnya perkembangan teknologi informasi ini memang membawa banyak pengaruh positive untuk manusia di dunia terutama di Indonesia. Beberapa pengaruh positive perkembangan teknologi informasi diantarnya :
1.       Pertukaran informasi berlangsung sangat cepat.
2.       Memudahkan pekerjaan manusia.
3.       Pekerjaan yang dilakukan seseorang menjadi lebih efektif dan efisien
4.       System pembelajaran tidak harus tatap muka dengan guru karena dengan kemajuan TIK
khusunya Internet kita bisa melakukan V-class. Dan masih banyak yang lainnya.
                Dari banyaknya pengaruh positif perkembangan teknologi informasi, tentunya akan menimbulkan juga dampak negativ. Dampak negatif yang akan saya bahas ini adalah dampak bagi kebudayaan Indonesia Yaitu :
1.       Masuknya budaya asing yang tidak baik untuk anak Indonesia.
                Maksudnya kita tahu bahwa anak baru gede sangat cepat untuk menangkap informasi yang di dapatnya, jika informasi itu membawa pengaruh buruk untuk dirinya tentu itu tidak baik untuk dirinya sendiri dan orang lain. Tentunya disitu diperlukan pengawasan dari orang tua.
2.       Lupa akan waktu
                Sebagai mana kita tahu bahwa belakangan ini telah muncul banyak game online. Dari game online ini seseorang bisa saja lupa akan waktu dimana dia terlalu asik akan game yang dimainkannya. Seperti lupa akan kewajibanya sebagai umat beragama, baik itu shalat, ngaji dan lain lain.

3.       Merosotnya nilai moral
                Kemerosotan nilai moral sangat mungkin sekali terjadi karena dari perkembangan teknologi informasi ini orang bisa cepat memperoleh informasi yang diinginkannya. Contohnya sekarang internet sudah tidak asing lagi di telinga. Dari internet ini seseorang bisa dengan mudahnya mengunduh film porno. Dari film porno ini kemerosotan nilai moral pun bisa terjadi dikalangan warga masyarakat, terutama kaula muda dan pelajar.

                Dari wacana di atas kita bisa simpulkan bahwa dari banyaknya pengaruh positif dari teknologi informasi ternyata banyak pula pengaruh negatifnya.Untuk meminimalisasi pengaruh negative itu tergantung pada diri kita sendiri.Dimana kita harus pintar pintar memanfaatkan kemajuan teknologi informasi ini agar kebudayaan yang dari dulu kita anut, tidak rusak oleh dampak negative dari teknologi informasi itu sendiri.

E.    PENGARUH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TERHADAP POLITIK
                Mungkin manfaat yang paling di rasakan teknologi kepada poltik yaitu,penghitungan suara cepat melalui quik coun,dengan sistematika baik yang terorganisir,hasil prhitungan ratusan juta itu bisa di prediksikan dengan waktu yang relatif cepat dan akurat,lalu penggunaan teknologi real time videoconference,dimana pertemuan atau rapat bisa dilangsungkan di tempat dan waktu yang berbeda,dengan menggunakan teknologi video kamera,teknlogigi ini bisa meningkatkan efisiensi kerja para pejabat politik negara,namun entah karena alasan apa teknologi ini tidak bisa di maksimalkan dengan benar dan  sekarang ini di indonesia Beberapa partai politik memanfaatkan media televisi sebagai alat atau media untuk mempromosikan calon-calon yang ikut serta dalam pemiliham umum 2014 mendatang.Apalagi beberapa stasiun televisi yang ada di Indonesia dimiliki oleh tokoh-tokoh nomor satu  di dalam partai politik nya masing-masing. Dalam waktu dekat ini di dalam pertelevisian masyarakat akan disajikan dengan segala informasi-informasi serta kegiatan yang di lakukan oleh partai politik. Seperti memberikan bantuan terhadap masyarakat yang tidak mampu dengan terjun langsung kelapangan. Namun ada yang unik dari persaingan ini. Dikarenakan kepemilikan stasiun televisi dari tokoh politik, maka stasiun televisi A akan terus menaikan informasi yang hanya dari partai yang di pegang oleh pemilik stasiun televisi tersebut,begitupun sebaliknya akan sama dengan apa yang dilakukan oleh stasiun televisi B yang pemiliknya berkecimbung didalam politik. Menyikapi hal tersebut, Menteri Kominfo Tiffatul Sembiring angkat bicara, beliau mengatakan ini membuat kekhawatiran, pasca 2014 hanya menghasilkan kepemimpinan rapuh.Kalau situasinya terus begini, Indonesia akan ambruk.Soalnya,muncul ulah pihak tertentu, yang memprovokasi agar muncul konflik horizontal, di antaranya dengan memanfaatkan media yang memanas-manasi




KASUS
Berikut beberapa contoh kasus tentang infrastruktur dan perkembangan teknologi informasi:
1. Berita Hoax Tersebar dengan Cepat
Pada tanggal 7 Mei 2013, Virgiawan Listanto atau yang dikenal dengan nama Iwan Fals dikabarkan meninggal dan menjadi topik pembicaraan di jejaring sosial twitter. Banyak yang percaya, tapi tidak sedikit juga yang mempertanyakan kebenaran berita tersebut karena belum ada beritanya di televisi atau media massa yang bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Padahal saat dikabarkan meninggal, Iwan Fals sedang mengisi acara di HUT Badan Intelejen Negara ke-67. Hari itu juga, Iwan Fals langsung melakukan klarifikasi tentang kabar meninggalnya beliau yang ternyata hanya sebuah cerita bohong (hoax). Iwan Fals mengklarifikasi kabar tersebut melalui akun twitter @iwanfals yang merupakan akun pribadinya. Beliau menuliskan bahwa kabar tersebut tidak benar adanya, bahkan Iwan Fals mendoakan agar orang yang menyebar isu tersebut agar panjang umur. Bukan kali ini saja Iwan Fals dikabarkan meninggal. Pada 2 April 2012, Iwan pernah dikabarkan meninggal akibat serangan jantung.

Perkembangan teknologi komunikasi mempermudah seseorang untuk mendapatkan informasi secepat mungkin, namun terkadang belum bisa dibuktikan kebenarannya. Sehingga tidak jarang ada pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab untuk membuat sebuah berita hoax, sehingga bisa memengaruhi sekelompok orang yang memercayai berita tersebut.
Ada beberapa cara agar tidak terjebak berita-berita bohong/hoax, diantaranya:
a)    Jangan mudah percaya terhadap sebuah kabar/berita yang terdapat dari jejaring sosial seperti facebook dan twitter, dan juga aplikasi perpesanan seperti BlackBerry Messengger, WhatsApp, LINE, dsb. Jika memang penasaran terhadap kebenaran berita tersebut, silahkan cari infonya di media massa (tv, radio, koran, dan majalah).
b)   Jangan sepenuhnya percaya terhadap berita-berita yang ada di situs berita online. Karena dewasa ini, situs-situs berita online berusaha menyajikan berita secepat mungkin, bukan setepat mungkin. Sehingga sebuah kabar/berita yang belum pasti kebenarannya pun bisa jadi sudah ada beritanya di situs berita online.
c)    Bacalah koran, tabloid atau media massa cetak lainnya. Berita yang terdapat di sebuah koran biasanya lebih dibahas secara detail dan analisis yang dalam, karena mereka sadar tidak mampu bersaing dengan situs berita online dalam hal kecepatan penyajian berita.

2. Modus kejahatan ini adalah Pencurian
Karena pelaku memakai kartu kredit orang lain untuk mencari barang yang mereka inginkan di situs lelang barang. Karena kejahatan yang mereka lakukan, mereka akan dibidik dengan pelanggaran Pasal 378 KUHP tentang penipuan, Pasal 363 tentang Pencurian dan Pasal 263 tentang Pemalsuan Identitas.
Penyebaran virus dengan sengaja, ini adalah salah satu jenis kasus cyber crime yang terjadi pada bulan Juli 2009, Twitter (salah satu jejaring social yang sedang naik pamor di masyakarat belakangan ini) kembali menjadi media infeksi modifikasi New Koobface, worm yang mampu membajak akun Twitter dan menular melalui postingannya, dan menjangkiti semua follower. Semua kasus ini hanya sebagian dari sekian banyak kasus penyebaran malware di seantero jejaring social. Twitter tak kalah jadi target, pada Agustus 2009 diserang oleh penjahat cyber yang mengiklankan video erotis. Ketika pengguna mengkliknya, maka otomatis mendownload Trojan-Downloader.Win32.Banload.sco. Modus serangannya adalah selain menginfeksi virus, akun yang bersangkutan bahkan si pemiliknya terkena imbas. Karena si pelaku mampu mencuri nama dan password pengguna, lalu menyebarkan pesan palsu yang mampu merugikan orang lain, seperti permintaan transfer uang. Untuk penyelesaian kasus ini, Tim keamanan dari Twitter sudah membuang infeksi tersebut. Tapi perihal hukuman yang diberikan kepada penyebar virusnya belum ada kepastian hukum.

3.Cybersquatting
Adalah mendaftar, menjual atau menggunakan nama domain dengan maksud mengambil keuntungan dari merek dagang atau nama orang lain. Umumnya mengacu pada praktek membeli nama domain yang menggunakan nama-nama bisnis yang sudah ada atau nama orang orang terkenal dengan maksud untuk menjual nama untuk keuntungan bagi bisnis mereka. Contoh kasus cybersquatting, Carlos Slim, orang terkaya di dunia itu pun kurang sigap dalam mengelola brandingnya di internet, sampai domainnya diserobot orang lain. Beruntung kasusnya bisa digolongkan cybersquat sehingga domain carlosslim.com bisa diambil alih. Modusnya memperdagangkan popularitas perusahaan dan keyword Carlos Slim dengan cara menjual iklan Google kepada para pesaingnya. Penyelesaian kasus ini adalah dengan menggunakan prosedur Anticybersquatting Consumer Protection Act (ACPA), memberi hak untuk pemilik merek dagang untuk menuntut sebuah cybersquatter di pengadilan federal dan mentransfer nama domain kembali ke pemilik merek dagang. Dalam beberapa kasus, cybersquatter harus membayar ganti rugi uang.


Pertanyaan Diskusi
1.    Mengapa memilih perangkat keras dan perangkat lunak komputer merupakan keputusan yang penting bagi manajemen? Apa saja isu-isu manajemen, organisasi,dan teknologi yang harus dipertimbangkan dalam memilih perangkat keras dan perangkat lunak komputer?
Jawab :
Dalam memilih perangkat keras maupun perangkat lunak merupakan hal yang harus dipertimbangkan dalam manajemen karena ini akan menjadi sumber daya saing yang akan menjadi penentu di era globalisasi. Oleh karena itu pihak manajemen harus memperhatikan hal itu agar dapat menghasilkan informasi yang akurat yang dapat menambah pertimbangan pihak manjemen dalam mengambil keputusan dan melakukan tindakan apa yang harus dilakukan demi kelancaran pembangunan dan persaingan antar perusahaan. Isu-isu manjemen, organisasi dan teknologi yang harsu dipertimbangkan dalam memilih hardware ataupun software yaitu:
a.    Analisa Sistem, yaitu dimana manajemen pihak manajemen melakukan studi mendalam untuk mengembangkan sistem agar dapat diaplikasikan dalam mencari keakuratan data dan diharapkan mampu mengumpulkan informasi serta tetap mempertimbangkan harga.
b.    Konseptual Desain dan Fleksbilitas Sistem, pihak manajemen harus mampu mengidentifikasi dan mengevaluasi sistem yang digunakan apakah telah sesuai dengan yang dibutuhkan oleh para pemakai informasi guna kenyamanan dan keakuratan informasi yang didapatkan.
c.    Integrasi Informasi, setelah menganalisa sistem dan konseptual desain dan fleksibilitas sistem maka diharapkan integritas informasi semua bagian manjemen dapat berjalan efektif dan efisien.

2.    Haruskah setiap organisasi memakai jasa penyedia layanan perangkat lunak untuk  setiap kebutuhan perangkat lunak mereka? Jelaskan jawaban anda! Faktor-faktor manajemen, organisasi, ataupun teknologi apa saja yang harus dipertimbangkan dalam membuat keputusan ini?
Jawab :
Disetiap organisasi “harus” menggunakan jasa penyedia perangkat lunak karena jika dalam perangkat lunak di setiap organisasi mengalamai kendala maka jasa penedia pelayanan perangkat lunak lah yang akan mengatasi kendala yang terjadi tersebut. Sewaktu memilih solusi keamanan dan kepatuhan komunikasi sesuai kebutuhan, perlu diketahui bahwa satu solusi tidak memadai untuk semua. Organisasi harus mencari solusi yang mudah digunakan dan dikelola serta sesuai dengan persyaratan khusus mereka dan memungkinkan staf teknis memfokuskan upaya pada aktivitas bernilai tambah yang langsung berkontribusi terhadap pendapatan bersih. Untuk lingkungan bisnis saat ini yang berkembang dengan pesat, skalabilitas dan keandalan sangat dibutuhkan. Solusi keamanan dan kepatuhan komunikasi harus sama agar selalu efektif dan terus memberikan manfaat bagi organisasi maka dari itu perlunya jasa penyedia pelayaan perangkat lunak pada organisasi itu sendiri.
Faktor-faktor manajemen, organisasi dan teknolog pada pengambilan keputsan di organisasi itu sendiri mencakup:
A .  Manusia
Faktor manusia sangat penting untuk memilih dan menentukan jasa penyedia perangkat lunak sehinga Sofware Engineering Institute telah mengembangkan sebuah model kematangan kemampuan manajemen manusia untuk mempertinggi kesiapan kesiapan orgnisasi perangkat lunak untuk mengerjakan aplikasi yang semakin kompleks dengan membantu menarik, menumbuhkan memotivasi, menyebarkan dan memelihara dan memelihara bakat yang dibutuhkan mengembangkan kemampuan perkembangn perangkat lunak mereka.
B . Masalah dalam organisasi
Seiring banyak nya pencurian dalam data informasi yang ada dalam perusahaan, pihak organisasi itu sendiri harus teliti di dalam pemiihan orang yang akan bertanggung jawab dalam jasa pelayanan perangkat lunak yang ada dalam organisasi tersebut.
C . Teknologi
Faktor teknologi yang semakin canggih, pihak jasa penyedia perangkat lunak harus sangat berhati-hati terhadap pekerjaan yang akan dilakukannya agar tidak ada kesalahan yang di lakukan.

3.    Apa keuntungan dan kerugian dari cloud computing?
Jawab :
Keuntungan dari cloud computing:
·      Keuntungan bagi para pelaku bisnis adalah minimalisasi biaya investasi infrastruktur publik sehingga bisnis bisa lebih terfokus pada aspek fungsionalitasnya.
·      Bagi application developer, layanan PaaS memungkinkan pengembangan dan implementasi aplikasi dengan cepat sehingga meningkatkan produktivitas.
·      Bagi para praktisi yang bergerak di industri TI, hal ini berarti terbukanya pasar baru bagi industri jasa pengembangan teknologi informasi.
·      Bagi pebisnis di bidang infrastruktur, hal ini merupakan peluang yang besar karena dengan meningkatnya penggunaan layanan SaaS ini akan meningkatkan penggunaaan bandwidth internet
·      Integrasi aplikasi dengan berbagai perangkat
·      Data terpusat, Salah satu yang bisa dianggap keunggulan teknologi ini adalah data terpusat berada di server. Kelebihan ini memungkinkan Anda mengakses mesin cloud Anda dari mana pun selama ada sambungan internet.
·      Fleksibel
Teknologi ini memiliki fleksibilitas dengan memudahkan dalam mengakses data Anda di mana pun dan kapan pun jika terhubung dengan jaringan layanan/internet.
Kerugian dari cloud computing:
·      service level, artinya kemungkinan service performance yang kurang konsisten dari provider. Inkonsistensi cloud provider ini meliputi, data protection dan data recovery
·       privacy, yang berarti adanya resiko data user akan diakses oleh orang lain karena hosting dilakukan secara bersama-sama.
·      compliance, yang mengacu pada resiko adanya penyimpangan level compliance dari provider terhadap regulasi yang diterapkan oleh user
·      data ownership mengacu pada resiko kehilangan kepemilikan data begitu data disimpan dalam cloud.
·      data mobility, yang mengacu pada kemungkinan share data antar cloud service dan cara memperoleh kembali data jika suatu saat user melakukan proses terminasi terhadap layanan cloud Computing.
·      Sangat bergantung pada koneksi internet, Internet merupakan satu-satunya jalan menuju cloud computing. Ketika tidak ada koneksi internet di tempat Anda, atau jalur internet menuju cloud provider sedang bermasalah, secara otomatis akses ke mesin cloud computing Anda akan terputus.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar