INFRASTRUKTUR TEKNOLOGI INFORMASI DAN
PERKEMBANGAN TEKNOLOGI
A. Pengertian
Infrastruktur Teknologi Informasi
Infrastruktur
Teknologi Informasi didefinisikan sebagai sumber daya teknologi bersama yang
menyediakan platform untuk aplikasi system informasi perusahaan yang
terperinci. Infrastruktur Teknologi Informasi meliputi investasi dalam peranti
keras, peranti lunak, dan layanan seperti konsultasi, pendidikan, dan pelatihan
yang terbesar di seluruh perusahaan atau tersebar diseluruh unit bisnis dalam
perusahaan.
Infrastruktur Teknologi
Informasi terdiri atas sekumpulan perangkat dan aplikasi peranti lunak yang
dibutuhkan untuk menjalankan suatu perusahaan besar secara keseluruhan. Namun
infrastruktur Teknologi Informasi juga
merupakan sekumpulan layanan firewide (mencakup seluruh perusahaan) yang
dianggarkan oleh pihak manajemen dan terdiri atas kapabilitas manusia dan
kapabilitas teknis. Layanan yang dapat disediakan oleh perusahaan untuk para
pelanggan, pemasok dan para pekerjanya adalah kegunaan langsung dari
infrastruktur Teknologi Informasi perusahaan tersebut. Idealnya, infrastruktur
ini mendukung bisnis perusahaan dan strategi sistim informasinya. Teknologi
informasi yang baru mempunyai dampak besar terhadap bisnis perusahaan dan
strategi system informasinya. Teknologi informasi yang baru mempunyai dampak
besar terhadap bisnis dan strategi Teknologi Informasi, sama seperti layanan
yang dapat disediakan bagi para pelanggan.
Infrastruktur teknologi
informasi sebagai sumber daya teknologi bersama yang menyediakan platform untuk
aplikasi sistem informasi perusahaan yang terperinci. Infrastruktur Teknologi
Informasi meliputi investasi dalam peranti keras, peranti lunak dan layanan
konsultasi, pendidikan, dan pelatihan yang tersebar di seluruh perusahaan atau
tersebar di seluruh unit bisnis dalam perusahaan. Infrastruktur Teknologi
Informasi terdiri atas sekumpulan perangkat dan aplikasi peranti lunak yang
dibutuhkan untuk menjalankan suatu perusahaan besar secara keseluruhan.
Infrastruktur TI di dalam organisasi saat ini merupakan
hasil dari evolusi selama lebih dari 50 tahun di dalam platform komputasi. Lima
tahap dalam evolusi ini adalah :
1. Era Mesin Akuntansi Elektronik
Evolusi
mesin akuntansi elektronik (pada tahun 1930-1950) adalah mesin akuntansi
elektronik terspelisiasasi yang merupakan komputer primitif yang digunakan
untuk perusahaan akuntansi.
2. Era Maninframe Umum dan Komputer Mini
Infrastruktur TI dalam era
mainframe (tahun 1959 hingga sekarang) terdiri atas sebuah mainframe yang
melakukan pemrosesan terpusat yang dapat dihubungkan keribuan terminal dan pada
akhirnya beberapa komputasi terdesentralisasi dan per departemen menggunakan
komputer mini dalam jaringan.
3. Era PC
Era PC (tahun 1981 hingga sekarang)
dalam infrastruktur TI didominasi oleh penggunaan komputer deskop dengan
perangkat produktivitas kantor.
4. Era Klien/Server
Infrastruktur yang lebih mendominasi
pada era klien /server (tahun 1983 hingga sekarang) terdiri atas jaringan klien
deskop atau leptop hinggan komputer server yang lebih kuat menangani kebanyakan
pengelolaan dan pemrosesan data.
5. Era Komputasi Internet Perusahaan
Perubahan infrastruktur TI yang
diatas telah menghasilkan perkembangan dalam pemrosesan komputer, chip memori,
perangkat penyimpanan, telekomunikasi, dan jaringan peranti keras dan peranti
lunak, dan rancangan peranti lunak yang telah meningkatkan daya komputasi
secara eksponensial sementara mengurangi biaya juga secara eksponensial.
Perubahan infrastruktur TI yang
diatas telah menghasilkan perkembangan dalam pemrosesan komputer, chip memori,
perangkat penyimpanan, telekomunikasi, dan jaringan peranti keras dan peranti
lunak, dan rancangan peranti lunak yang telah meningkatkan daya komputasi
secara eksponensial sementara mengurangi biaya juga secara eksponensial.
B. Teknologi
Penggerak dalam Evolusi Infrastruktur
1.
Hukum Moore dan Kekuatan
Microprocessor
Menjelaskan
peningkatan eksponensial dalam daya pemrosesan dan penurunan eksponensial dalam
biaya teknologi komputer, melipat gandakan daya prosesor setiap 18 bulan sekali
dan menurunkan harga komputasi setengahnya.
2. Hukum
penyimpanan Digital Besar
Menjelaskan penurunan
eksponensial dalam biaya penyimpanan data yang bunyinya ”Jumlah kilobyte data
yang dapat disimpandalam media magnetik dengan biaya $1 menjadi dua kali lipat
setiap 15 bulan.
3. Hukum
Metcalfe dan Ekonomi Jaringan
Menjelaskan
semakin banyaknya penggunaan komputer dengan menunjukkan bahwa nilai sebuah
jaringan bagi anggota jaringan tersebut meningkat secara eksponensial seiring
anggota jaringan tersebut semakin banyak lagi.
4. Mengurangi
Biaya Komunikasi dan Internet
Turunnya
biaya komunikasi dengan cepat dan semakin banyaknya kesempatan dalam industri
teknologi untuk menggunakan standar-standar komputasi dan komunikasi.
5. Dampak
Jaringan dan Standar
Standar
teknologi adalah spesifikasi yang menentukan kompatibilitas berbagai produk dan
kemampuan berkomunikasi dalam sebuah jaringan. Standar teknologi meluncurkan
skala ekonomi yang dahsyat dan menghasilkan penurunan harga karena para
produsen berkonsentrasi pada produk yang dibuat berdasarkan standar tunggal.
Tanpa skala ekonomi tersebut, komputasi bagain apa pun akan menjadi jauh lebih
mahal daripada yang ada saat ini.
C. PENGARUH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI
Perkembangan
teknologi yang semakin pesat mempengaruhi gaya hidup yang semakin mencolok.
dikarenakan perkembangan teknologi mempengaruhi model berkomunikasi massa untuk
melakukan kegiatan hidup harian. mungkin dulu internet dianggap sebagai sesuatu
yang "wah" dan rumit bagi orang awam, namun sekarang bisa kita lihat
sendiri faktanya seperti apa,internet telah menjadi sesuatu yang umum bagi
banyak orang atau mungkin kita termasuk salah satu diantaranya yang mempunyai
hampir semua akun di jejaring sosial, berinteraksi secara intensif dengan
individu lain secara maya. dan sayangnya beberapa individu sekarang ini terlalu over dalam memandang
atau mengunakan gadget miliknya
kebanyakan dia tidak berfikir apa yang di lakukanya berdampak seperti apa.
Dimanapun dan kemana pun individu tersebut berada, dia tidak akan lepas dengan
handphonenya karena di era sekarang handphone sudah menjadi kebutuhan. Ditambah
lagi sekarang ini sudah memasuki era smartphone,
sehingga banyak yang bisa dilakukan dalam satu genggaman
saja.
D. PENGARUH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TERHADAP
EKONOMI
di
masa sekarang,kita semua pasti tahu bahwa kemajuan teknologi sangat pesat
kemajuan ini tentunya membawa banyak perubahan terhadap kebudayaan di
Indonesia.Tidak bisa di pungkiri bahwa kemajuan teknologi informasi ini memang
harus terjadi di Negara Indonesia ini, agar Negara Indonesia tidak kalah saing
dengan Negara lain.
Pesatnya
perkembangan teknologi informasi ini memang membawa banyak pengaruh positive
untuk manusia di dunia terutama di Indonesia. Beberapa pengaruh positive
perkembangan teknologi informasi diantarnya :
1.
Pertukaran informasi berlangsung sangat cepat.
2.
Memudahkan pekerjaan manusia.
3.
Pekerjaan yang dilakukan seseorang menjadi lebih
efektif dan efisien
4.
System pembelajaran tidak harus tatap muka
dengan guru karena dengan kemajuan TIK
khusunya
Internet kita bisa melakukan V-class. Dan masih banyak yang lainnya.
Dari
banyaknya pengaruh positif perkembangan teknologi informasi, tentunya akan
menimbulkan juga dampak negativ. Dampak negatif yang akan saya bahas ini adalah
dampak bagi kebudayaan Indonesia Yaitu :
1.
Masuknya budaya asing yang tidak baik untuk anak
Indonesia.
Maksudnya
kita tahu bahwa anak baru gede sangat cepat untuk menangkap informasi yang di
dapatnya, jika informasi itu membawa pengaruh buruk untuk dirinya tentu itu
tidak baik untuk dirinya sendiri dan orang lain. Tentunya disitu diperlukan
pengawasan dari orang tua.
2.
Lupa akan waktu
Sebagai
mana kita tahu bahwa belakangan ini telah muncul banyak game online. Dari game
online ini seseorang bisa saja lupa akan waktu dimana dia terlalu asik akan
game yang dimainkannya. Seperti lupa akan kewajibanya sebagai umat beragama,
baik itu shalat, ngaji dan lain lain.
3.
Merosotnya nilai moral
Kemerosotan
nilai moral sangat mungkin sekali terjadi karena dari perkembangan teknologi
informasi ini orang bisa cepat memperoleh informasi yang diinginkannya.
Contohnya sekarang internet sudah tidak asing lagi di telinga. Dari internet
ini seseorang bisa dengan mudahnya mengunduh film porno. Dari film porno ini
kemerosotan nilai moral pun bisa terjadi dikalangan warga masyarakat, terutama
kaula muda dan pelajar.
Dari
wacana di atas kita bisa simpulkan bahwa dari banyaknya pengaruh positif dari
teknologi informasi ternyata banyak pula pengaruh negatifnya.Untuk
meminimalisasi pengaruh negative itu tergantung pada diri kita sendiri.Dimana
kita harus pintar pintar memanfaatkan kemajuan teknologi informasi ini agar
kebudayaan yang dari dulu kita anut, tidak rusak oleh dampak negative dari
teknologi informasi itu sendiri.
E. PENGARUH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TERHADAP
POLITIK
Mungkin manfaat yang paling di rasakan teknologi
kepada poltik yaitu,penghitungan suara cepat melalui quik coun,dengan
sistematika baik yang terorganisir,hasil prhitungan ratusan juta itu bisa di
prediksikan dengan waktu yang relatif cepat dan akurat,lalu penggunaan
teknologi real time videoconference,dimana pertemuan atau rapat bisa
dilangsungkan di tempat dan waktu yang berbeda,dengan menggunakan teknologi
video kamera,teknlogigi ini bisa meningkatkan efisiensi kerja para pejabat
politik negara,namun entah karena alasan apa teknologi ini tidak bisa di
maksimalkan dengan benar dan sekarang ini di indonesia Beberapa partai
politik memanfaatkan media televisi sebagai alat atau media untuk mempromosikan
calon-calon yang ikut serta dalam pemiliham umum 2014 mendatang.Apalagi
beberapa stasiun televisi yang ada di Indonesia dimiliki oleh tokoh-tokoh nomor
satu di dalam partai politik nya masing-masing. Dalam waktu dekat
ini di dalam pertelevisian masyarakat akan disajikan dengan segala
informasi-informasi serta kegiatan yang di lakukan oleh partai politik. Seperti
memberikan bantuan terhadap masyarakat yang tidak mampu dengan terjun langsung
kelapangan. Namun ada yang unik dari persaingan ini. Dikarenakan kepemilikan
stasiun televisi dari tokoh politik, maka stasiun televisi A akan terus
menaikan informasi yang hanya dari partai yang di pegang oleh pemilik stasiun
televisi tersebut,begitupun sebaliknya akan sama dengan apa yang dilakukan oleh
stasiun televisi B yang pemiliknya berkecimbung didalam politik. Menyikapi hal
tersebut, Menteri Kominfo Tiffatul Sembiring angkat bicara, beliau mengatakan
ini membuat kekhawatiran, pasca 2014 hanya menghasilkan kepemimpinan
rapuh.Kalau situasinya terus begini, Indonesia akan ambruk.Soalnya,muncul ulah
pihak tertentu, yang memprovokasi agar muncul konflik horizontal, di antaranya
dengan memanfaatkan media yang memanas-manasi
KASUS
Berikut beberapa contoh
kasus tentang infrastruktur dan perkembangan teknologi informasi:
1. Berita Hoax Tersebar dengan Cepat
Pada
tanggal 7 Mei 2013, Virgiawan Listanto atau yang dikenal dengan nama Iwan Fals
dikabarkan meninggal dan menjadi topik pembicaraan di jejaring sosial twitter. Banyak
yang percaya, tapi tidak sedikit juga yang mempertanyakan kebenaran berita
tersebut karena belum ada beritanya di televisi atau media massa yang bisa
dipertanggungjawabkan kebenarannya. Padahal saat dikabarkan meninggal, Iwan
Fals sedang mengisi acara di HUT Badan Intelejen Negara ke-67. Hari itu juga,
Iwan Fals langsung melakukan klarifikasi tentang kabar meninggalnya beliau yang
ternyata hanya sebuah cerita bohong (hoax). Iwan Fals mengklarifikasi kabar
tersebut melalui akun twitter @iwanfals yang merupakan akun pribadinya. Beliau
menuliskan bahwa kabar tersebut tidak benar adanya, bahkan Iwan Fals mendoakan
agar orang yang menyebar isu tersebut agar panjang umur. Bukan kali ini saja
Iwan Fals dikabarkan meninggal. Pada 2 April 2012, Iwan pernah dikabarkan
meninggal akibat serangan jantung.
Perkembangan
teknologi komunikasi mempermudah seseorang untuk mendapatkan informasi secepat
mungkin, namun terkadang belum bisa dibuktikan kebenarannya. Sehingga tidak
jarang ada pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab untuk membuat sebuah berita
hoax, sehingga bisa memengaruhi sekelompok orang yang memercayai berita
tersebut.
Ada beberapa cara agar
tidak terjebak berita-berita bohong/hoax, diantaranya:
a) Jangan
mudah percaya terhadap sebuah kabar/berita yang terdapat dari jejaring sosial
seperti facebook dan twitter, dan juga aplikasi perpesanan seperti BlackBerry
Messengger, WhatsApp, LINE, dsb. Jika memang penasaran terhadap kebenaran
berita tersebut, silahkan cari infonya di media massa (tv, radio, koran, dan
majalah).
b) Jangan
sepenuhnya percaya terhadap berita-berita yang ada di situs berita online.
Karena dewasa ini, situs-situs berita online berusaha menyajikan berita secepat
mungkin, bukan setepat mungkin. Sehingga sebuah kabar/berita yang belum pasti
kebenarannya pun bisa jadi sudah ada beritanya di situs berita online.
c) Bacalah
koran, tabloid atau media massa cetak lainnya. Berita yang terdapat di sebuah
koran biasanya lebih dibahas secara detail dan analisis yang dalam, karena
mereka sadar tidak mampu bersaing dengan situs berita online dalam hal kecepatan
penyajian berita.
Karena pelaku memakai kartu
kredit orang lain untuk mencari barang yang mereka inginkan di situs lelang
barang. Karena kejahatan yang mereka lakukan, mereka akan dibidik dengan
pelanggaran Pasal 378 KUHP tentang penipuan, Pasal 363 tentang Pencurian dan
Pasal 263 tentang Pemalsuan Identitas.
Penyebaran virus dengan
sengaja, ini adalah salah satu jenis kasus cyber crime yang terjadi pada bulan
Juli 2009, Twitter (salah satu jejaring social yang sedang naik pamor di
masyakarat belakangan ini) kembali menjadi media infeksi modifikasi New
Koobface, worm yang mampu membajak akun Twitter dan menular melalui
postingannya, dan menjangkiti semua follower. Semua kasus ini hanya sebagian
dari sekian banyak kasus penyebaran malware di seantero jejaring social.
Twitter tak kalah jadi target, pada Agustus 2009 diserang oleh penjahat cyber
yang mengiklankan video erotis. Ketika pengguna mengkliknya, maka otomatis mendownload
Trojan-Downloader.Win32.Banload.sco. Modus
serangannya adalah selain menginfeksi virus, akun yang bersangkutan bahkan si
pemiliknya terkena imbas. Karena si pelaku mampu mencuri nama dan password
pengguna, lalu menyebarkan pesan palsu yang mampu merugikan orang lain, seperti
permintaan transfer uang. Untuk penyelesaian kasus ini, Tim keamanan dari
Twitter sudah membuang infeksi tersebut. Tapi perihal hukuman yang diberikan
kepada penyebar virusnya belum ada kepastian hukum.
3.Cybersquatting
Adalah mendaftar, menjual atau
menggunakan nama domain dengan maksud mengambil keuntungan dari merek dagang
atau nama orang lain. Umumnya mengacu pada praktek membeli nama domain yang
menggunakan nama-nama bisnis yang sudah ada atau nama orang orang terkenal
dengan maksud untuk menjual nama untuk keuntungan bagi bisnis mereka. Contoh
kasus cybersquatting, Carlos Slim, orang terkaya di dunia itu pun kurang sigap
dalam mengelola brandingnya di internet, sampai domainnya diserobot orang lain.
Beruntung kasusnya bisa digolongkan cybersquat sehingga domain carlosslim.com bisa diambil alih. Modusnya
memperdagangkan popularitas perusahaan dan keyword Carlos Slim dengan cara
menjual iklan Google kepada para pesaingnya. Penyelesaian kasus ini adalah
dengan menggunakan prosedur Anticybersquatting Consumer Protection Act (ACPA),
memberi hak untuk pemilik merek dagang untuk menuntut sebuah cybersquatter di
pengadilan federal dan mentransfer nama domain kembali ke pemilik merek dagang.
Dalam beberapa kasus, cybersquatter harus membayar ganti rugi uang.
Pertanyaan
Diskusi
1. Mengapa
memilih perangkat keras dan perangkat lunak komputer merupakan keputusan yang
penting bagi manajemen? Apa saja isu-isu manajemen, organisasi,dan teknologi
yang harus dipertimbangkan dalam memilih perangkat keras dan perangkat lunak
komputer?
Jawab :
Dalam memilih perangkat keras
maupun perangkat lunak merupakan hal yang harus dipertimbangkan dalam manajemen
karena ini akan menjadi sumber daya saing yang akan menjadi penentu di era
globalisasi. Oleh karena itu pihak manajemen harus memperhatikan hal itu agar
dapat menghasilkan informasi yang akurat yang dapat menambah pertimbangan pihak
manjemen dalam mengambil keputusan dan melakukan tindakan apa yang harus
dilakukan demi kelancaran pembangunan dan persaingan antar perusahaan. Isu-isu
manjemen, organisasi dan teknologi yang harsu dipertimbangkan dalam memilih
hardware ataupun software yaitu:
a. Analisa
Sistem, yaitu dimana manajemen pihak manajemen melakukan studi mendalam untuk
mengembangkan sistem agar dapat diaplikasikan dalam mencari keakuratan data dan
diharapkan mampu mengumpulkan informasi serta tetap mempertimbangkan harga.
b. Konseptual
Desain dan Fleksbilitas Sistem, pihak manajemen harus mampu mengidentifikasi
dan mengevaluasi sistem yang digunakan apakah telah sesuai dengan yang
dibutuhkan oleh para pemakai informasi guna kenyamanan dan keakuratan informasi
yang didapatkan.
c. Integrasi
Informasi, setelah menganalisa sistem dan konseptual desain dan fleksibilitas
sistem maka diharapkan integritas informasi semua bagian manjemen dapat
berjalan efektif dan efisien.
2. Haruskah
setiap organisasi memakai jasa penyedia layanan perangkat lunak untuk setiap kebutuhan perangkat lunak mereka?
Jelaskan jawaban anda! Faktor-faktor manajemen, organisasi, ataupun teknologi
apa saja yang harus dipertimbangkan dalam membuat keputusan ini?
Jawab
:
Disetiap organisasi “harus” menggunakan jasa penyedia
perangkat lunak karena jika dalam perangkat lunak di setiap organisasi
mengalamai kendala maka jasa penedia pelayanan perangkat lunak lah yang akan
mengatasi kendala yang terjadi tersebut. Sewaktu memilih solusi keamanan dan
kepatuhan komunikasi sesuai kebutuhan, perlu diketahui bahwa satu solusi tidak
memadai untuk semua. Organisasi harus mencari solusi yang mudah digunakan dan
dikelola serta sesuai dengan persyaratan khusus mereka dan memungkinkan staf
teknis memfokuskan upaya pada aktivitas bernilai tambah yang langsung
berkontribusi terhadap pendapatan bersih. Untuk lingkungan bisnis saat ini yang
berkembang dengan pesat, skalabilitas dan keandalan sangat dibutuhkan. Solusi
keamanan dan kepatuhan komunikasi harus sama agar selalu efektif dan terus
memberikan manfaat bagi organisasi maka dari itu perlunya jasa penyedia
pelayaan perangkat lunak pada organisasi itu sendiri.
Faktor-faktor manajemen, organisasi dan teknolog pada
pengambilan keputsan di organisasi itu sendiri mencakup:
A . Manusia
Faktor manusia sangat penting untuk memilih dan
menentukan jasa penyedia perangkat lunak sehinga Sofware Engineering Institute
telah mengembangkan sebuah model kematangan kemampuan manajemen manusia untuk
mempertinggi kesiapan kesiapan orgnisasi perangkat lunak untuk mengerjakan
aplikasi yang semakin kompleks dengan membantu menarik, menumbuhkan memotivasi,
menyebarkan dan memelihara dan memelihara bakat yang dibutuhkan mengembangkan kemampuan
perkembangn perangkat lunak mereka.
B . Masalah dalam organisasi
Seiring banyak nya pencurian dalam data informasi yang
ada dalam perusahaan, pihak organisasi itu sendiri harus teliti di dalam
pemiihan orang yang akan bertanggung jawab dalam jasa pelayanan perangkat lunak
yang ada dalam organisasi tersebut.
C . Teknologi
Faktor teknologi yang semakin canggih, pihak jasa
penyedia perangkat lunak harus sangat berhati-hati terhadap pekerjaan yang akan
dilakukannya agar tidak ada kesalahan yang di lakukan.
3. Apa
keuntungan dan kerugian dari cloud
computing?
Jawab
:
Keuntungan
dari cloud computing:
· Keuntungan
bagi para pelaku bisnis adalah minimalisasi biaya investasi infrastruktur
publik sehingga bisnis bisa lebih terfokus pada aspek fungsionalitasnya.
· Bagi application
developer, layanan PaaS memungkinkan pengembangan dan implementasi aplikasi
dengan cepat sehingga meningkatkan produktivitas.
· Bagi para
praktisi yang bergerak di industri TI, hal ini berarti terbukanya pasar baru
bagi industri jasa pengembangan teknologi informasi.
· Bagi
pebisnis di bidang infrastruktur, hal ini merupakan peluang yang besar karena
dengan meningkatnya penggunaan layanan SaaS ini akan meningkatkan penggunaaan bandwidth
internet
· Integrasi
aplikasi dengan berbagai perangkat
·
Data
terpusat, Salah satu yang bisa dianggap keunggulan teknologi ini adalah data
terpusat berada di server. Kelebihan ini memungkinkan Anda mengakses
mesin cloud Anda dari mana pun selama ada sambungan internet.
·
Fleksibel
Teknologi ini memiliki fleksibilitas dengan memudahkan dalam mengakses data Anda di mana pun dan kapan pun jika terhubung dengan jaringan layanan/internet.
Teknologi ini memiliki fleksibilitas dengan memudahkan dalam mengakses data Anda di mana pun dan kapan pun jika terhubung dengan jaringan layanan/internet.
Kerugian dari cloud computing:
·
service level, artinya
kemungkinan service performance yang kurang konsisten dari provider.
Inkonsistensi cloud provider ini meliputi, data protection dan data
recovery
·
privacy, yang berarti adanya resiko
data user akan diakses
oleh orang lain karena hosting dilakukan
secara bersama-sama.
·
compliance, yang
mengacu pada resiko adanya penyimpangan level
compliance dari provider terhadap
regulasi yang diterapkan oleh user
·
data ownership mengacu pada
resiko kehilangan kepemilikan data begitu data disimpan dalam cloud.
·
data mobility, yang mengacu
pada kemungkinan share data antar
cloud service dan cara memperoleh kembali data jika suatu saat user
melakukan proses terminasi terhadap layanan cloud Computing.
·
Sangat bergantung
pada koneksi internet, Internet
merupakan satu-satunya jalan menuju cloud
computing. Ketika tidak ada koneksi internet di tempat Anda, atau jalur
internet menuju cloud provider
sedang bermasalah, secara otomatis akses ke mesin cloud computing Anda akan terputus.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar